Pengertian Sales dan Marketing
Pengertian Sales dan Marketing
Perbedaan sales dan marketing adalah lebih dari sekadar sematis. Sales dan marketing adalah dua fungsi yang terpisah yang harus terus-menerus diselaraskan dan diintegrasikan untuk memaksimalkan alhasil bagi organisasi.
Meskipun ” sales dan marketing” adalah tentang yang biasa Anda dengar dalam bisnis, banyak juga orang mengalami kesusahan untuk membedakan keduanya. Atau, mereka juga akan mengalami kesusahan pilihan di mana aktivitas sales dan marketing berakhir (dan sebaliknya).
Pengertian Sales dan Marketing
Menurut Philip Kotler, Profesor di Kellogg School of Management, Northwestern University, maketing adalah sistem aktivitas yang dirancang untuk pilih harga, menempatkan (mendistribusikan) dan mempromosikan produk dan sarana yang mencukupi kebutuhan dan permohonan tujuan pelanggan / pasar untuk raih tujuan bisnis.
Sebaliknya, Kotler melukiskan sales sebagai sistem membujuk pelanggan untuk membeli produk atau sarana perusahaan. Dalam arti yang paling ketat, penjualan mampu diakui sebagai bagian berasal dari promosi didalam empat P (product, price, place dan promotion).
Sementara penjelasan Kotler sebenarnya lebih mengarah ke akademis dan wajib lebih disederhanakan untuk pemahaman yang lebih besar.
Berikut adalah tiga versi yang mampu kita sederhanakan:
- Marketing mendorong permohonan untuk produk atau layanan; Sales mencukupi permohonan dan menciptakan hubungan.
- Marketing melibatkan meraih pelanggan ke produk atau layanan; Sales melibatkan pengiriman produk atau sarana kepada pelanggan.
- Marketing adalah aktivitas pembukaan; Sales adalah aktivitas penutupan.
Dalam ketiga versi, sales adalah obyek inti dari marketing.
Di banyaknya perusahaan, ada perselisihan antara sales versus marketing. Terkadang bagian sales beranggap orang di bagian marketing tidak menyadari apa yang memang di idamkan pelanggan dan mengambil alih keputusan harga amat tinggi.
Disisi lain marketing bisa yakin bahwa tenaga penjualannya atau salesman terlalu fokus pada pelanggan individu dan penghasilan jangka pendek.
Idealnya, jikalau bagian marketing mampu seutuhnya mengoptimalkan marketing mix secara terus menerus – produk yang tepat bersama dengan harga yang tepat di daerah yang tepat terhadap waktu yang tepat – akan menumbuhkan tingkat penjualan yang lebih baik.
Comments
Post a Comment